Selasa, 25 Mei 2010

Imam Jafar Shadiq: Tokoh Teladan dan Pemersatu Umat Sepanjang Generasi



Sekjen Lembaga Pendekatan Mazhab Islam, Ayatullah Taskhiri berkata: Imam Jafar Shadiq as mampu mengarahkan semua pengikut pelbagai mazhab Islam dalam rangka mencapai tujuan-tujuan Islam yang agung. Ayatullah Muhammad Ali Taskhiri selaku Sekjen Lembaga Pendekatan Mazhab Islam dalam sebuah wawancara yang diliput oleh Suara Afghanistan—usai menghadiri seminar Imam Jafar Shadiq as di Kabul—menyatakan: mampu mengarahkan semua pengikut pelbagai mazhab Islam dalam rangka mencapai tujuan-tujuan Islam yang agung.

Ayatullah Taskhiri menyebut Imam Jafar Shadiq as sebagai guru besar bagi para imam mazhab Islam dan sekaligus sosok pemersatu umat Islam di sepanjang zaman.
Ayatullah Taskhiri mengatakan: Terselenggaranya seminar seperti ini dimaksudkan untuk memperkenalkan sosok agung dunia Islam kepada kalangan kaum cerdik, mahasiswa dan para pemuda Islam.
Beliau menyatakan bahwa mengenalkan pribadi-pribadi agung dan yang menjadi kebanggaan Islam seperti Imam Jafar Shadiq as dan Imam Abu Hanifah ra dapat menyebabkan pendekatan antar mazhab-mazhab Islam. Menurut beliau, mengenalkan sosok-sosok agung, khususnya seperti Imam Jafar Shadiq as dapat mendorong umat Islam untuk bersatu dalam mencapai tujuan-tujuan tinggi Islam dan juga menciptakanpersaudaraan dan persamaan di antara mereka.
Menurut penjelasan beliau, Imam Jafar Shadiq as. yang memiliki 4.000 murid dari pelbagai mazhab dan agama merupakan contoh dan teladan yang patut ditiru dalam gerakan umat Islam menuju persatuan dan toleransi atas pelbagai perbedaan. Ia menambahkan bahwa semua murid Imam Shadiq as mencintainya. Hanya karena Imam berkomunikasi secara baik dengan mereka, mereka pun terpikat dengan beliau.
Beliau juga menegaskan: Dalam suasana instabilitas politik, pembuatan hadis-hadis palsu, dan pelbagai keadaan pelik lainnya, Imam ash Shadiq mampu membimbing umat Islam ke jalan yang benar dan berhasil menahkodai behtera umat Islam menuju dermaga dan tujuan yang ingin digapainya.
Beliau mengharapkan umat Islam supaya mereka mengenal tokoh-tokoh Islam yang terpandang. Jika hal ini terwujud maka mereka mampu mengatasi pelbagai kendala dan tantangan yang menghadang mereka.
Ayatullah Taskhiri menambahkan: Semua mazhab memiliki kesamaan dalam prinsip keimanan. Sehingga jika seseorang mempunyai prinsip keimanan tersebut maka ia tergolong sebagai umat Islam dan barangsiapa yang mengingkarinya maka ia keluar dari barisan umat Islam.
Dalam akhir wawancaranya, beliau berkata: Saya kira seminar ini adalah suatu gerakan yang indah dan saya berharap akan memberikan dampak yang positif dalam menciptakan persatuan di antara umat Islam.
Perlu dicatat bahwa seminar tentang Imam Jafar Shadiq as ini merupakan seminar yang membahas khusus para imam mazhab Islam untuk kedua kalinya diadakan di Afghanistan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar